Selasa, 24 Maret 2015

Ridho Budiman Utama | Tahun 2016 Proposal Bantuan Provinsi Diajukan Online



“Tahun 2016 seluruh proposal masyarakat untuk diajukan ke provinsi Jawa Barat harus diajukan Secara Online, masyarakat bisa mengaksesnya di situs yang beralamat di http://rkpdjabaronline.jabarprov.go.id,” Demikian pemaparan Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dalam resesnya, Ahad (22/2) di Gedung SKB Tanjungsari Sumedang.

Menurutnya, hasil jaring aspirasi masyarakat melakui reses untuk tahun anggaran 2016 harus di ajukan melalui RKPD Online, yaitu suatu sistem online untuk menyimpan data usulan berupa proposal dari masyarakat.

Biasanya, lanjut ridho, ajuan dari masyarakat berupa proposal secara manual, akan tetapi untuk tahun anggaran 2016 akan menggunakan sistem online yang mampu menampung data ajuan dari masyarakat sampai tahun 2100.

“Setiap tahunnya, provinsi menerima proposal sebanyak 250.000 berkas, sedangkan yang disetujui hanya sekitar 50.000 proposal. Nasib proposal yang tidak bisa diakomodir akan menjadi sampah, sebab untuk tahun berikutnya harus mengajukan proposal baru. Dengan sistem online ini semua berkas harus ‘di-scan’ menjadi file digital dan di-upload ke situs RKPD Online. Kelebihannya, masyarakat tidak harus datang ke provinsi untuk mengantarkan berkas proposal. Ini sangat membantu, terutama untuk daerah-daerah yang jauh dari ibukota provinsi Jawa Barat, ” jelasnya.

“Di Provinsi ada server yang mampu memuat usulan sampai tahun 2100, semua masyarakat bisa mengaksesnya”, ujar wakil rakyat yang kini duduk jadi Ketua Komisi II.

Adapun pengajuan bantuan untuk masyarakat harus terukur penggunaannya, menurut Kang Budi, sapaan akrab Ridho Budiman Utama, usulannya harus berupa pengadaan secara fisik, tidak berbentuk seminar, pelatihan, maupun bantuan modal agar mudah di setujui sesuai dengan peraturan yang ada.

Reses pertama untuk tahun 2015 dilaksanakan lebih awal dari biasanya, hal ini dikarenakan Pemprov Jawa Barat akan menghadapi tahun anggaran baru melalui Musrenbang tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Jadi Reses I tahun sidang 2015 sengaja dimajukan ke 20-27 Februari 2015 agar bisa menampung aspirasi dari hasil Musrembang,” ujarnya. [AN/AMW]

Twitter : @ridhobu
Sumber : http://pks-subang.org/kiprah-dewan/ir-ridho-budiman-utama-tahun-2016-proposal-bantuan-provinsi-diajukan-online/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar